Kaleidoskop 2023, Dorong Pertumbuhan EV di Sumatera Utara, PLN UID Sumut Berhasil Bangun 14 SPKLU

Sepanjang 2023, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara berhasil membangun 3 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

topmetro.news – Sepanjang 2023, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara berhasil membangun 3 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Secara keseluruhan, PLN UID Sumut telah menghadirkan 14 SPKLU di Sumatera Utara.

General Manager PLN UID Sumut Awaluddin mengatakan, PLN berkomitmen dalam mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan SPKLU di Sumatera Utara. Peningkatan jumlah SPKLU ini guna meyakinkan masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

“PLN UID Sumatera Utara terus mendukung program pemerintah dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Sumatera Utara. Selain mempersiapkan infrastruktur charging station, PLN juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV melalui aplikasi PLN Mobile,” ungkap Awaluddin, Jumat (5/1/2024).

Awaluddin menambahkan jumlah transaksi di SPKLU mengalami peningkatan di tahun 2023. Hal ini menjadi sinyal positif pertumbuhan kendaraan Listrik di Sumatera Utara.

“Tercatat jumlah transaksi meningkat mencapai 1.149 kali transaksi. Jumlah ini meningkat sebanyak 53% dibanding tahun 2022 sebanyak 748 kali transaksi. Dengan jumlah konsumsi listrik sebesar 44.522,12 kilowatt hour (kWh),” kata Awaluddin.

Awaluddin merinci, PLN UID Sumatera Utara membangun SPKLU di berbagai lokasi strategis di kabupaten dan kotamadya. Yakni, SPKLU Medan Kota, SPKLU City View, SPKLU Amir Hamzah, SPKLU Binjai, SPKLU Tebingtinggi, SPKLU Rantauprapat, SPKLU Pematang Siantar, SPKLU Medan Baru, SPKLU Sibolga, dan SPKLU Terminal Amplas. Selain itu, PLN juga membangun SPKLU di beberapa destinasi wisata yakni SPKLU Balige, SPKLU Berastagi, SPKLU Parapat dan SPKLU Pangururan.

“Diharapkan dengan adanya SPKLU yang tersebar di berbagai lokasi strategis tersebut dapat meyakinkan Masyarakat agar beralih ke kendaraan ramah lingkungan dan dapat mendorong green tourism di Sumatera Utara,” jelas Awaluddin.

Untuk memudahkan pemilik kendaraan Listrik, PLN telah menghadirkan fitur ‘Electric Vehicle’ di aplikasi PLN Mobile. Melalui fitur tersebut, pemilik kendaraan Listrik dapat mengetahui lokasi terdekat SPKLU. Warga dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui ‘AppStore’ dan ‘PlayStore’.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment